Jumat, 27 Juni 2014

Tradisi menyambut puasa

Waaah..... tanpa terasa besok sudah mulai memasuki bulan puasa. Sebelumnya saya ingin mengucapkan : 
"Selamat Menjalankan Ibadah Puasa" 

Kali ini saya ingin mengulas sedikit tentang kebiasaan-kebiasaan yang ada di sekitar kita ketika akan menyambut datangnya bulan puasa.
1. Ziarah Kubur
Biasanya dilakukan sehari menjelang bulan puasa, ada yang melakukannya di pagi hari, ada juga yang memilih di sore hari. Ziarah kubur sangat disarankan supaya kita selalu ingat bahwa semua orang akan mati. Satu hal yang perlu diingat, jangan ziarah di malam hari, karena sereeeemmmm....
2. Masak Besar
Opor ayam atau rendang biasanya sengaja disiapkan untuk makan sahur pertama, padahal kedua jenis masakan ini sangat tidak cocok untuk makan sahur, santan dan sambal akan membuat kondisi perut kita jadi kurang nyaman. Jangan sekali-kali mengganti ayam atau daging dengan jengkol, karena sesungguhnya itu akan sangat menyiksa orang lain yang mungkin sedang berpuasa juga.
3. Mandi Wajib 
Sore hari sebelum tarawih pertama biasanya harus mandi wajib, ada juga yang mandi beramai-ramai di sungai. Mandi ramai-ramai sudah tentu lebih menyenangkan, jangan lupa untuk mandi wajib lagi di rumah #uhuk2
4. Datang ke masjid lebih awal
Tujuannya cuma satu, supaya kebagian tempat sholat. Wajar saja karena 10 malam pertama biasanya kita akan menjumpai masjid yang penuh sesak sampai ke luar masjid. Hati-hati dalam meletakkan sendal jepit Anda, kita kan tidak pernah tahu apa yang akan terjadi.
Apapun tradisinya saya hanya megharapkan agar puasa kita di tahun ini diberi kelancaran dan kemudahan, terhindar dari gangguan es buah dan es cendol di tepi jalan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar